DUST : Mutant Muslimah di komik X-MEN

DUST adalah tokoh fiksional ciptaan Marvel di Serial Komik X-Men. Tokoh ini pertama kali diperkenalkan pada New X-Men #133 (Desember 2002). Ia adalah mutant yg memiliki ability merubah, memanipulasi dan mengendalikan tubuhnya menjadi pasir dan debu yg sangat kuat. Yang membuat Dust unik adalah karena ialah satu-satunya tokoh hero dr tim X-men yg muslimah dan tetap menggunakan abaya plus niqab (jilbab seluruh tubuh plus penutup setengah wajahnya kecuali mata), sementara biasanya tokoh perempuan di komik marvel biasanya menggunakan busana ketat dan terbuka.

Diceritakan, Dust berasal dr keluarga muslim sunni yg taat. Ia lahir dan dibesarkan di Afghanistan (tdk dijelaskan dikota mana). Pada suatu insiden, ia terpisah dr keluarga dan ibunya krn menjadi korban human traficking. Ketika master slave nya akan membuka paksa hijabnya, ia tiba2 pertama kalinya merubah dirinya jd pasir dan debu dan berhasil melarikan diri. Dlm pelariannya, ia kemudian ditemukan dlm keadaan lemah dipadang pasir oleh Wolverine dan Fantomex. Selanjutnya ia dibawa ke markas X-men di India. Disinilah perkenalannya dg member X-men yg lain

Akhirnya Sooraya dibawa ke markas X-men Xavier Institute di New York. Disini kekuatannya diobservasi dan dilatih oleh Prof.X. Sooraya menolak menggunakan kostum X-men yg biasanya ketat krn ia ingin melaksanakan kewajibannya sbg muslimah. Bahkan suatu waktu kpd ibunya, ia pernah mengatakan bahwa ia menggunakan hijab bkn karena paksaan dr thaliban yg saat itu edang berkuasa di Afghanistan tp krn ingin menjaga tubuhnya, harga dirinya, serta citra wanita muslimah (subhanallah kok paham ya pencipta tokoh Dust ini). Untungnya keputusannya ini dihormati dan dihargai oleh Prof.X dan member X-men lainnya.

Setelah melalui pelatihan dan pengenalan yg cukup, ia akhirnya direkrut menjadi salah satu member tim inti New X-Men dan Young X-men. Oleh Emma Frost ia jg sempat dibantukan menjadi Anggota Hellions yaitu tim dr HellFire Club.


Fakta :

*Sebagai muslimah yg taat, terkadang di komik sooraya digambarkan berdoa dulu sebelum menyerang dan bahkan menyebut nama Allah SWT!

*Ia bersahabat baik dg Icarus, mutant bersayap serupa dg Angel

*Meskipun berjilbab, ia bahkan pernah membantu wolverine melawan Hulk yg sedang ngamuk berat, meski akhirnya ia nyerah dan kewalahan (hmm jilbaber tangguh ya Gan!)

*Karakter Dust pernah jd cameo di film X-Men origin Wolverine sebagai salah satu tahanan bersama Emma Frost, Young Cyclops, dll

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5110316

5 Komentar (+add yours?)

  1. aphie3
    Jun 13, 2011 @ 10:31:54

    keren, salut deh.. muslimah diangkat jg di dunia komik..
    saya juga suka nonton fim X-Men
    :-bd

    thx 4 share.. n salam kenal🙂

    Balas

  2. anixmw11
    Jun 19, 2011 @ 13:09:07

    Salam kenal. Iya, sy juga excited banget, ada muslimah yang dijadikan tokoh di komik X-Men🙂
    Terimakasih atas kunjungannya

    Balas

  3. Khoirun Nisa
    Jul 25, 2011 @ 15:04:59

    Subhanallah…Baru tahu saya…tp kyknya difilm X Men Origin Wolverine sy tdk melihat tokoh berjilbab….waktu para tahanan dibebaskan itu kan?

    Balas

  4. anixmw11
    Jul 27, 2011 @ 15:22:03

    Sy sendiri belum liat filemnya, sy dpt info ini dari kaskus🙂 Btw, salam kenal

    Balas

  5. Trackback: dust x-men | dubius ra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: